Visi dan Misi

VISI, MISI, TUJUAN, SASARAN, STRATEGI DAN KEBIJAKAN  

  • Visi dan Misi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai
    • Visi

Perumusan visi dan misi jangka menengah OPD merupakan salah satu tahap penting penyusunan dokumen Renstra OPD sebagai hasil dari analisis sebelumnya. Visi menjelaskan arah atau suatu kondisi ideal di masa depan yang ingin dicapai (clarity of direction) berdasarkan kondisi dan situasi yang terjadi saat ini. Pernyataan visi haruslah realistis, artinya bahwa visi harus didasarkan pada realita dan bukanlah buah pikiran yang berandai-andai agar dapat menjadi suatu komitmen yang bisa diraih. Pernyataaan visi yang artikulatif akan memberikan arah yang jelas bagaimana mencapai masa depan yang diharapkan dan dapat mengatasi kesenjangan yang terjadi.

Visi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai  adalah:

“Terwujudnya Infrastruktur Berkualitas Untuk Mendukung Penataan Kawasan Kota Yang Bersih, Indah dan Rapi Yang Berwawasan Lingkungan”

 

4.1.2 Misi

Visi perlu diwujudkan dengan suatu tindakan nyata yang dinyatakan melalui misi. Misi akan membantu lebih jelas penggambaran visi yang akan dicapai serta menguraikan upaya-upaya apa yang harus dilakukan oleh OPD bersangkutan. Misi sangat penting untuk memberikan kerangka bagi tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dan menentukan jalan yang akan ditempuh untuk mencapai visi OPD. Rumusan misi dalam dokumen renstra OPD dikembangkan dengan memperhatikan faktor-faktor lingkungan strategis, baik internal maupun eksternal yang mempengaruhi kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan pembangunan daerah dan sebaiknya pernyataan misi penggunaan bahasa yang sederhana, ringkas dan mudah dipahami tanpa mengurangi maksud yang ingin dijelaskan. Berdasarkan uraian dan panduan di atas maka rumusan misi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan Infrastruktur  transportasi yang baik dan pengelolaan Sumber Daya Air yang berkelanjutan.
  2. Meningkatkan Penataan Kawasan Perkotaan dan infrastruktur Bangunan Gedung yang berwawasan lingkungan.

 

  • Tujuan dan Sasaran Jangka Menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai

 

  • Tujuan

Tujuan merupakan penjabaran atau implementasi dari pernyataan misi dan tujuan sebagai hasil akhir yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu 5 (lima) tahun. Tujuan ditetapkan dengan mengacu kepada pernyataan visi dan misi sehingga rumusannya harus dapat menunjukkan suatu kondisi yang ingin dicapai di masa mendatang. Tujuan tidak lain adalah pernyataan-pernyataan untuk mencapai visi, misi, memecahkan permasalahan dan menangani isu-isu strategis daerah yang dihadapi. Untuk itu tujuan disusun guna memperjelas pencapaian sasaran yang ingin diraih dari masing-masing misi. Berdasarkan pernyataan misi diatas maka tujuan yang ditetapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai adalah:

  1. Meningkatnya aksebilitas infrastruktur transportasi dan pengelolaan sumber daya air yang baik ke seluruh wilayah kota
  1. Mewujudkan Penataan Kawasan Kota  dan Bangunan Gedung  yang tertata dengan baik.

 

  • Sasaran

Keberhasilan pelaksanaan Rencana Strategis 2016-2021 diukur dari indikator-indikator yang sekaligus menjadi sasaran strategis dari tujuan yang telah ditetapkan. Sasaran merupakan hasil yang akan dicapai dalam rumusan yang spesifik, terukur, dalam kurun waktu tertentu secara berkesinambungan sejalan dengan tujuan yang ditetapkan. Uraian sasaran strategis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai  berdasarkan tujuan beserta indikatornya sbb:

  1. Meningkatnya kuantitas dan kualitas jalan dan jembatan
  2. Meningkatnya sarana dan prasarana sumber daya air perkotaan
  3. Meningkatnya ruang terbuka hijau (RTH)
  4. Meningkatnya fasilitas lampu penerangan jalan umum (LPJU)
  5. Meningkatnya sarana dan prasarana infrastruktur Bangunan Gedung
  • Strategi dan Kebijakan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai

Strategi dan kebijakan dalam Renstra Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai adalah strategi dan kebijakan untuk mencapai tujuan dan sasaran jangka menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai yang selaras dengan strategi dan kebijakan daerah serta rancangan program prioritas dalam rancangan awal RPJMD. Strategi dan kebijakan jangka menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai menunjukkan bagaimana cara Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai  mencapai tujuan, sasaran jangka menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai dan target kinerja hasil (outcome) program prioritas RPJMD yang menjadi tugas dan fungsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Kota Tanjungbalai. Strategi dan kebijakan dalam Renstra Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai selanjutnya menjadi dasar perumusan kegiatan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai bagi setiap program prioritas RPJMD yang menjadi tugas dan fungsi di Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Kota Tanjungbalai.

 

Rumusan strategi merupakan pernyataan-pernyataan yang menjelaskan bagaimana tujuan dan sasaran akan dicapai yang selanjutnya dijabarkan ke dalam serangkaian kebijakan. Rumusan strategi juga harus menunjukkan bagaimana strategi tersebut menciptakan nilai tambah bagi stakeholder layanan. Suatu strategi secara spesifik dapat dikaitkan dengan satu sasaran atau sekelompok sasaran. Strategi dirumuskan berdasarkan hasil analisis gambaran pelayanan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, hasil perumusan isu-isu strategis, tujuan dan sasaran jangka menengah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Tanjungbalai.